DaerahKesehatanNews

Penyuluhan dan Green Action Poltekes Kemenkes Surabaya di RW15 Kel. Medokan Ayu Surabaya

Sinarpaginews.net, Surabaya – Dalam melaksanakan tugas Pengabdian Masyarakat, Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi
Republik Indonesia
Nomor 53 Tahun 2023
Tentang
Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi Bab I
Ketentuan Umum
Pasal 1
Dalam Peraturan Menteri ini yang dimaksud dengan:

  1. Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi adalah kegiatan
    sistemik untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi
    secara berencana dan berkelanjutan.
  2. Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang selanjutnya
    disebut SN Dikti adalah satuan standar yang meliputi
    standar nasional pendidikan ditambah dengan standar
    penelitian dan standar pengabdian kepada masyarakat.
  3. Tridharma Perguruan Tinggi yang selanjutnya disebut
    Tridharma adalah kewajiban perguruan tinggi untuk
    menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan
    pengabdian kepada masyarakat.

Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekes Kemenkes Surabaya kerjasama dengan Pengurus RW15 Kelurahan Medokan Ayu Kecamatan Rungkut Kota Surabaya untuk mengadakan kegiatan Penyuluhan dan Green Action di wilayah tersebut. Dengan mengundang puluhan peserta para mahasiswa/i yang terbagi di dua titik lokasi, yakni di Pendopo Balai RW15 Jl. Griya Medayu Utara I Surabaya lokasi Penyuluhan dan taman bermain di fasilitas umum Pemerintah Kota Surabaya Jl. Griya Medayu Utara V Surabaya untuk lokasi Green Action pada Minggu, 04-02-2024.

Kegiatan tersebut mendapat antusias warga RW15 terutama Ibu-ibu wilayah tersebut saat penyuluhan manfaat air bekas cucian beras untuk pupuk organik. Selain itu pada mahasiswa/i jurusan Kesehatan Lingkungan memaparkan cara pembuatan pupuk tersebut disaat demonstrasi Green Action yang dimulai pukul 09:00 wib hingga selesai pada pukul 12:30 wib. Saat pembukaan acara tersebut dalam sambutannya Ketua RW15, Mikhael Markus menyampaikan, “Pengabdian Masyarakat adalah wajib dilaksanakan oleh seluruh Perguruan Tinggi, oleh sebab itu kami Pengurus RW berharap agar kita semua warga RW15 Kelurahan Medokan Ayu dapat mengambil manfaatnya dari seluruh yang di sampaikan oleh adik-adik mahasiswa jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kenkes Surabaya ini” paparnya.

Air cucian beras mengandung banyak nutrisi penting bagi tanaman sekaligus mengandung bakteri baik. Air beras mengandung 90 persen karbohidrat berbentuk pati yang penting untuk hormon auksin, alanin dan gibbereline pada tanaman. Air cucian beras akan membantu beberapa hormon yang ada pada tanaman sehingga bisa merangsang pertumbuhan pucuk daun, membawa makanan ke seluruh sel pada daun dan batang, serta lainnya.

Berikut beberapa manfaat air beras untuk tanaman selain yang telah disebut di atas.
1. Mengandung zat pati
2. Menghambat pertumbuhan patogen
3. Mengurangi syok transplantasi
4. Sumber energi bagi tanaman
5. Membantu proses fotosintesis
6. Mencegah tanaman layu
7. Mempercepat pertumbuhan bunga.
(mark|red)

Related Articles

Back to top button