NewsNasional

Radio Amatir Penduduk Indonesia (RAPI) Depok di Ulang Tahun Ke-25, Gelar Acara Kesenian Pentas Jatilan di Leles Ngringin Kelurahan Condongcatur di Hadiri Bupati Sleman

Radio Amatir Penduduk Indonesia (RAPI) Depok di Ulang Tahun Ke-25, Gelar Acara Kesenian Pentas Jatilan di Leles Ngringin Kelurahan Condongcatur di Hadiri Bupati Sleman

Sleman, Sinarpaginews.net – Dalam peringatan HUT ke 25 RAPI Depok, dikemas secara sederhana dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Sleman, yang dihadiri Panewu Depok, Lurah Condongcatur, Dinas Kebudayaan dan RAPI Sleman, dengan memberikan hiburan kepada masyarakat berupa pentas Jatilan dari Grup lokal PS. Madu Mudo Turonggo Kayen Condongcatur, Minggu (19/11/2023).

Ketua RAPI Lokal Depok, Murgiyanta, SE /Jz 12 APS yang juga Ulu-Ulu Condongcatur, mengucapkan terimakasih kepada ibu Bupati Sleman yang berkenan hadir dalam HUT RAPI Depok ke 25, ditengah tengah kegiatan dan kesibukanya menghadiri acara-acara lainya dimasyarakat di wilayah Sleman.

“Sebenarnya Ulang Tahun RAPI Lokal Depok pada tanggal 6 Desember mendatang, tetapi dimajukan mengingat pada bulan Desember telah dimulai Kampanye Pemilu 2024. RAPI Depok, setiap hajatan Pemilu bertugas bersama Kapanewon Depok dan instansi lainya bertugas membantu Bantuan Komunikasi agar terselenggara Pemilu yang damai, aman, lancar, dan kondusif,” jelasnya.

RAPI Depok banyak melakukan kegiatan sosial, khususnya jika terjadi bencana baik bencana alam maupun non alam, juga saat peringatan hari hari besar seperti hari raya. RAPI berkalaborasi dengan pihak terkait, membuat posko bersama bantuan komunikasi di beberapa titik jalan utama diwilayah Depok.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo dalam sambutanya mengucapkan selamat memperingati HUT RAPI ke 25, dan berharap RAPI terus memberikan manfaat dan bersinergi dengan pemerintah, khususnya ketika terjadi bencana menyediakan layanan komunikasi darurat pada situasi-situasi krisis dimana komunikasi konvensional mungkin terganggu.

“Meskipun saat ini sudah berkembang teknologi canggih seperti HP, tetapi Handy Talky (HT) yang digunakan oleh RAPI tetap mempunyai peranan penting dalam situasi darurat dilapangan saat melakukan koordinasi tim yang memerlukan komunikasi real-time menggunakan frekuensi radio yang memungkinkan koordinasi yang efisien antara berbagai pihak yang terlibat dalam suatu operasi atau kegiatan,” pungkasnya dilanjutkan pemotongan tumpeng.

Sementara Panewu Depok, Wawan Widiantoro, dan Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji, senada mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke 25 kepada RAPI Depok, “berharap semakin Solid dan terus menjalin kerjasama dengan masyarakat, pemerintah, dan lainya, untuk membantu masyarakat”, ucapnya.

Radio Amatir Penduduk Indonesia (RAPI), adalah untuk komunikasi non-komersial antara para penggemar radio amatir, mereka menggunakan frekuensi yang dialokasikan secara khusus untuk kegiatan.

RAPI memiliki peran penting dalam mengembangkan komunitas radio amatir di Indonesia, mereka menyelenggarakan kegiatan, pelatihan, dan berbagai acara untuk memperluas pemahaman tentang radio amatirisme, serta mempromosikan keselamatan dan etika dalam penggunaan frekuensi radio.

RAPI juga aktif dalam memperjuangkan regulasi yang mendukung kegiatan radio amatir dan perlindungan frekuensi yang digunakan oleh komunitas radio amatir di Indonesia, melalui kolaborasi dengan pihak terkait, mereka berupaya untuk memastikan akses yang aman dan legal terhadap spektrum frekuensi yang diperlukan bagi kegiatan radio amatirisme.

Hal ini memungkinkan para penggemar radio amatir untuk terus berkembang dan berpartisipasi, dalam kegiatan komunikasi non-komersial dengan lebih baik

Bupati Sleman dan Lurah Condongcatur, pada kesempatan ini juga memberikan bantuan dana secara langsung kepada RAPI dan Grup Jatilan PS. Madu Mudo Turonggo Kayen agar lebih semangat dan meningkatkan kegiatanya, kesenian Jatilan terbukti masih eksis dan banyak penggemarnya.

Disaat pentas, dimanapun selalu penuh penonton dan membangkitkan ekonomi masyarakat dengan banyaknya pedagang tiban UMKM / jajajan.(red/yogya)

Related Articles

Back to top button